Sinopsis Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis




Sinopsis Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis - Assalamualaikum, selamat pagi selamat berjumpa lagi dengan blog MJ Brigaseli. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi mengenai sinopsi novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis yang diterbitkan oleh Balai Pustaka pada tahun 1952.

Novel ini menceritakan tentang masalah ketakutan batin seorang guru di masa revolusi kemerdekaan. Pemeran utamanya adalah seorang guru yang bernama Isa. Isa adalah seorang guru yang memiliki sifat lemah lembut, baik, dan memiliki jiwa seni. Namun, Guru Isa dihadapkan pada konflik-konflik revolusi yang membuatnya ketakutan.

Suatu hari, di jalan Gang Jaksa, para serdadu NICA datang. Semua orang yang berada di tempat itu bersembunyi. Namun, ada saja yang terkena tembakan. Saat itu, Isa sedang berjalan menuju sekolah, suara tembakan memecah kesunyiannya dan terlintas di benak isa tentang keselamatan isteri dan anaknya. Ketika tiba di sekolah, tidak ada anak-anak yang datang. Guru Isa hanya duduk sambil berpikir tentang kekacauan yang telah terjadi dan dia merasa ketakutan.

Pada massa itu, semua orang dihadapkan pada perekonomian yang sangat susah. Begitu pula perekonomian Isa, sampai Isa dengan terpaksa berani mengambil buku-buku yang ada di s
ekolahan dan dijual untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Selain masalah ekonomi, Isa juga mengalami tekanan batin, yaitu tidak bisa membahagiakan istrinya secara batin. Hal itulah yang menyebabkan istri Isa berselingkuh dengan Hasil. Hasil adalah pemuda yang mempunyai keberanian sekaligus sahabat guru Isa. Mereka bertemu saat Isa menghadiri perkumpulan pemuda, sebuah organisasi untuk melawan serdadu-serdadu. Hasil juga pandai bermain alat musik. Sejak saat itulah, Hasil sering bermain ke rumah Isa.

Sambil bermain musik, mereka membicarakan tentang kemerdekaan, perang, revolusi, dan rencana perlawanan yang membuat Guru Isa semakin takut. Biarpun merasa takut, tapi Isa harus menyembunyikannya, karena Isa telah menjadi anggota organisasi untuk melawan serdadu-serdadu Jepang.

Suatu hari, Isa menunggu kedatangan Hasil untuk memberi informasi penting tentang rencana perjuangan mereka. Isa pun bermimpi buruk. Dia merasa berjalan di sebuah jalan yang licin dan besar. Jalan itu menghilang tanpa putus ke tepi langit yang gelap dan jalan itu amat menakutkan. Semakin Isa berlari, semakin cepat pula ujungnya menghilang. Semakin lama, perasaan Guru Isa semakin kacau memikirkan pertempuran yang akan dia lakukan. Mimpi buruk pun selalu melanda Isa sehingga Isa takut untuk tidur. Teror selalu mengganggu dalam mimpinya. Hati Isa selalu takut untuk melakukan perjuangan. Apalagi setelah Isa mengatahui bahwa tetangga dan teman seprofesinya telah mengungsi ke tempat lain untuk berlindung. Pada awalnya, Dia juga ingin mengungsi menghindari pertempuran. Namun, Isa sadar bahwa semua tempat tidak aman dan dia juga tidak perlu mengungsi.

Guru Isa dan Hasil pun mendapat tugas untuk menyelundupkan senjata dan bom ke Kerawang. Pennyelundupan itu berjalan sesuai rencana. Sampai pada puncaknya, Isa, Hasil, dan Rahmat melakukan penyerangan di bioskop dengan melemparkan granat di depan gedung bioskop tersebut. Beberada serdadu Belanda terluka. Mereka pun pulang ke rumah masing-masing dan tidak saling memberi kabar. Sampai akhirnya Hasil tertangkap polisi militer. Dia mengakui semua perbuatannya dan menyebutkan siapa saja yang terlibat. Sehingga Isa pun ikut tertangkap. Di dalam penjara, mereka disiksa terus-menerus dan diinterogasi. Hasil yang dulunya sangat berani berubah menjadi sangat terpuruk dan takut. Sedangkan Isa mampu menguasai ketakutannya selama ini.

Itulah tadi sinopsis novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca dan wassalamualaikum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinopsis Novel Jalan Tak Ada Ujung Karya Mochtar Lubis "

Posting Komentar